Jakarta (Dikdasmen): Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjalin kerja sama kemitraan dengan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian kelautan dan Perikanan. Kerja sama tersebut dalam ruang lingkup Program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).
GEMARIKAN merupakan gerakan nasional peningkatan konsumsi ikan yang dilaksanakan secara terus-menerus dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa yaitu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, swasta, LSM, asosiasi, lembaga professional, lembaga/organisasi kemasyarakatan, lembaga keagamaan, dan pelaku usaha. Selain itu, GEMARIKAN bertujuan untuk membangun kesadaran gizi masyarakat melalui konsumsi ikan sebagai sumber gizi dan protein.
Dalam kerja sama tersebut, Ditjen Dikdasmen diharapkan membantu sosialisasi/kampanye GEMARIKAN di lingkungan pendidikan dasar dan menengah. Kerja sama ini sangat strategis mengingat siswa, yang berada dalam rentang usia 6-19 tahun, merupakan salah satu target konsumen ikan terbesar.
Sejak 2010 hingga 2015, organisasi mitra untuk kampanye GEMARIKAN telah banyak, di antaranya Yayasan Jantung Indonesia, Tim Penggerak PKK Pusat, dan Kementerian Kesehatan.
Berdasarkan Survei Sosial ekonomi Nasional dari Badan Pusat Statistik, angka konsumsi ikan pada 2015 mencapai 41,11 kg/kapita/tahun. Angka ini melebihi target yang ditetapkan sebesar 40,90 kg/kapita/tahun.* (Billy Antoro)
Flyer GEMARIKAN: