Kalah di Perempat Final, Ridwan Tegar

By: Sep 4, 2019

Banda Aceh (Dikdasmen): Tegar. Hanya itu yang dapat dilakukan Ridwan Maulana, siswa kelas XII SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang, Banten. Ia harus mengakui keunggulan lawannya pada pertandingan pencak silat di babak perempat final.

“Kekalahan ini bukan menjadi suatu keterpurukan saya, tapi harus menjadi motivasi saya ke depannya,” ungkapnya sambil tersenyum di Aula Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Rabu, 28 Agustus 2019.

Pada pertandingan menghadapi atlet Maluku, Ridwan merasa kelemahannya pada kuda-kuda. Ia pun mengakui keunggulan teknik lawannya. “Dia memang menguasai teknik jatuhan, tangkapan, guntingan. Dia cukup memahami,” ucapnya. “Mungkin sayanya saja yang kurang cukup memperhatikan lawan.”

Selain teknik, Ridwan merasa persiapannya sangat kurang. Ia memang berlatih tiap hari, tapi tidak ada yang mengawasi. “Tidak ada yang memantau, tidak ada yang mengawasi,” ungkapnya dengan mata berkaca-kaca.

Namun kekalahan itu tidak menghancurkan harapannya pada masa depan. Ridwan akan terus berlatih dan mengikuti kompetisi-kompetisi pencak silat berikutnya.* (Aip Saepudin)

 

Share:
No Comments
Berikan komentar
Unduh FileSE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021
UNDUH SEKARANG
logo

DIREKTORAT JENDERAL

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH

Permendikdasmen Nomor 1 Tahun 2024 menjelaskan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah diantaranya adalah menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, serta pelaksanaan fasilitasi penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
KONTAK KAMI
KANTOR PUSATKompleks Kemdikbud Gedung E Lantai 5 Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
021-5725610
021-5725610
pauddikdasmen@kemdikbud.go.id
Senin - Jumat 08.00 - 16.00 WIB
Copyright © 2020 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi All rights reserved.